Blue Fire Pointer

Jumat, 25 November 2011

Tulisan 1


Nama : Yulianawati
NPM : 17211646
Kelas : 1EA19
Tulisan 1
Tulis dengan tema mengenai ilmu budaya dasar
Ilmu budaya dasar adalah pengetnnahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Istilah ilmu budaya dasar di kembangkan di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanitiesm yang berasal dari istilah bahasa inggris “ The Humanities”. Adapun istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin humanus yang bisa di artikan manusia, berbudaya dan halus.
Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya , lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan. Prof. Dr. Harsaya Bachtiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan di kelompokan dalam kelompok besar, yaitu:
1.  Ilmu –ilmu Alamiah (natural science)
Ilmu –ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2.  Ilmu-ilmu Sosial (social science)
Ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.

Pengetahuan budaya ( the Humanities) di batasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Keahlian ini pun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai bidang keahlian yang lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedang ilmu budaya dasar (basic humanities) adalah usaha yang dapat di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Ilmu budaya dasar berbeda dengan pengetahuan budaya. Ilmu budaya dasar dalam bahasa inggris disebut Basic Humanities. Pengetahuan budaya dalam bahasa inggris disebut dengan istilah The Humanities. Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai-nilai manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus) , sedangkan ilmu budaya dasar bukan ilmu tentang budaya, melainkan tentang pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar