Blue Fire Pointer

Sabtu, 12 November 2011

Tugas 2

Nama : Yulianawati
NPM: 17211646
Kelas : 1EA19

Tugas 2
Jelaskan perbedaan mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi ?
Jawab :
      Manusia sebagai makhluk sosial
Di dunia ini manusia mustahil dapat hidup seorang diri. Tentunya manusia akan membutuhkan orang lain dalam aktivitasnya sehari-hari. Dalam sosiologi telah di pelajari tentang interaksi sosial dan sosialisasi. Di situ di pelajari bahwa hidup seseorang akan terkucil dan hidup sendirian jika dia tidak mampu bersosialisasi dan tidak mau berinteraksi dengan orang lain.
Di samping itu juga manusia tidak dapat di pisahkan dari kelompok masyarakat, karena manusia itu sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial manusia berinteraksi dengan masyarakat dalam hal-hal tertentu. Dan manusia itu mempunyai naluri hidup bersama dengan orang lain yang disebut juga dengan gregariousness. Jika manusia di katakan sebagai makhluk sosial ( homo socialis) karena manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupannya sehari-hari
      Manusia sebagai makhluk ekonomi
Walaupun manusia membutuhkan manusia lainnya dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari , tetapi manusia tetap memiliki otonomi untuk menentukan nasibnya sendiri. Secara pribadi manusia itu harus memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya. Setiap saat manusia butuh makan dan minum untuk tetap hidup. Manusia membutuhkan pakaian untuk dapat bergaul dengan orang lain secara baik. Manusia juga membutukan rumah sebagai tempat berlindung. Pendidikan , kesehatan, dan kebutuhan lainnya manusia memmbutuhkannya agar hidup lebih layak.
Untuk memenuhi kebutuhan tersebut manusia butuh uang. Untuk mendapatkan uang manusia harus bekerja. Setelah bekerja dan mendapatkan uang , kemudian uang itu di gunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Di samping itu, uang tersebut di tabung untuk kebutuhan yang akan datang. Jadi, manusia itu penuh perhitungan dalam hidupnya. Oleh sebab itu,  manusia di sebut sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) karena manusia selalu memikirkan kebutuhan hidupnya dengan prinsi-prinsip ekonomi.
Jadi, dapat kita simpulkan bahwa perbedaan mengenai hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi itu jelas , jika manusia sebagai makhluk sosial , manusia itu tidak dapat hidup sendiri dalam arti manusia selalu  membutuhkan orang lain dalam kehidupannya dan manusia itu harus mampu berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain agar dia tidak hidup sendiri . Sedangkan manusia sebagai makhluk ekonomi , manusia itu membutuhkan materi(uang) untuk memenuhi kebutuhan hidupnya agar hidup lebih layak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar