Blue Fire Pointer

Sabtu, 12 November 2011

Tugas 1

Nama: Yulianawati
NPM:17211646
Kelas”1EA19
Jelaskan persamaan dan perbedaan antara IBD dan IPS ?
jawab:
1. Pengertian IBD
IBD adalah pengetahuan yang di harapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah dan kebudayaan. IBD disebut juga dengan the humanities artinya manusia ,budaya,dan halus. Dengan mempelajari the humanities di harapkan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus. Untuk mengetahui bahwa ilmu budaya dasar termasuk kelompok pengetahuan budaya lebih dahulu perlu diketahui pengelompokan ilmu pengetahuan.Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu :
1.Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
2.Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
3.Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Tujuan IBD adalah :
1.Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka
2.Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3.Mengusahakan agar mahasiswa, sebagai calon pemimpin bagnsa dan Negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat
4.menguasahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Dengan memiliki satu bekal yang sama, para akademisi diharapkan akan lebih lancer dalam berkomunikasi.
Ruang Lingkup IBD
1.Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya
2.Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.
Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
1.Manusia dan cinta kasih
2.Manusia dan Keindahan
3.Manusia dan Penderitaan
4.Manusia dan Keadilan
5.Manusia dan Pandangan hidup
6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
7.Manusia dan kegelisahan
8.Manusia dan harapan

2. Pengertian IPS
IPS adalah bidang studi yang merupakan paduan dari sejumlah mata pelajaran sosial , seperti : geografi, ekonomi, sosiologi,antrofologi, dll.
Ruang lingkup pembahasan
Ada 2 masalah yang dipakai sebagai pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah IPS.
  1. Berbagai aspek yang merupakan suatu masalah sosial yang dapat ditanggapi dengan pendekatan sendiri atau pendekatan gabungan antar bidang.
  2. Adanya keragaman golongan dan kesatuan sosial lain dalam masyarakat.
Berdasarkan ruang lingkup di atas masih perlu penjabaran untuk bisa dioperasionalkan ke pokok bahasan dan sub pokok bahasan. Yaitu :
  1. Mempelajarai adanya berbagai masalah kependudukan dan hubungan dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
  2. Mempelajari adanya masalah individu dan masyarakat.
  3. Mengkaji masalah kependudukan dan sosialisasi.
  4. Mempelajari hubungan antar warga negara dan negara.
  5. Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
  6. Mempelajari masalah yang dihadapi masyarakat pedesaan.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan IBD dan IPS adalah :
-kedua-duanya membahas tentang kenyataan sosial dan masalah sosial
-kedua-duanya membahas tentang keadaan masyarakat
-keduanya bukan disiplin dengan ilmu yang berdiri sendiri
Sedangkan Perbedaan IBD dan IPS adalah :
IBD diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian manusia sedangkan IPS diarahkan kepada pembentukan pengetahuan intelektual dan hubungan antara masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar