Blue Fire Pointer

Minggu, 13 November 2011

Tugas 4

Nama : Yulianawati
NPM: 17211646
Kelas :1EA19
Tugas 4
Jelaskan definisi dari keindahan !!!
Jawab
Keindahan berasal dari kata indah , keindahan atau “beauty” adalah sifat dari sesuatu yang member kita rasa senang apabila melihatnya. 
Keindahan juga bersifat universal, yang tidak terikat perseorangan, waktu dan tempat, selera mode, dan kedaerahan.  Menurut sejarah Yunani kuno abad 18, pada saat itu pengertian keindahan telah di pelajari oleh filsuf. Menurut The Liang Gie dalam bukunya “Garis Besar Estetika”. Menurut asal katanya, dalam bahasa inggris keindahan itu di terjemakan dengan kata “beautiful” dalam bahasa Perancis “beau”, sedang Itali dan spanyol “bello” berasal dari kata latin “bellum”. Akar katanya adalah “bonum” yang berarti kebaikan, kemudian mempunya bentuk pengecilan menjadi “bonellum” dan terakhir di perpendek sehingga di tulis “bellum”.
Di samping itu terdapat perbedaan keindahan menurut luasnya pengertian, yaitu:
1.   Keindahan dalam arti yang luas
Keindahan dalam arti luas merupakan pengertian semula dari bangsa Yunani dulu yang di dalam nya tercakup juga kebaikan. Plato misalnya menyebut tentang watak yang indah dan hukum yang indah, sedang Aristoteles merumuskan keindahan sebagai sesuatu yang selain baik juga menyenangkan. Plotinus menulis tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah. Tapi bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetis yang disebutnya “symmetria” untuk keindahan berdasarkan penglihatan (seperti karya pahat dan arsitektur) dan harmonia keindahan berdasarkan pendengaran(music). Jadi , pengertian keindahan yang seluas-luasnya meliputi:
Ø Keindahan seni
Ø Keindahan alam
Ø Keindahan moral
Ø Keindahan intelektual
2.   Keindahan dalam arti estetis murni
Keindahan dalam arti estetis murni menyangkut pengalaman estetis seorang dalam hubungannya dalam segala sesuatu yang serapnya.
3.   Keindahan dalam arti terbatas
Keindahan dalam arti terbatas lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda yang di serapnya dengan penglihatan, yakni berupa keindahan dari bentuk dan warna.
Dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebaikan dari garis, warna, bentuk, nada ,dan kata-kata. Dan ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan diantara benda itu dengan si pengamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar