Blue Fire Pointer

Jumat, 12 April 2013

5 Kebudayaan Indonesia Yang Mendunia


Yulianawati
17211646
2ea21
5 Kebudayaan Indonesia Yang Mendunia
Indonesia adalah negara yang memiliki beribu-ribu pulau, tetntunya juga memiliki banyak sekali budaya. Kita sebagai warga indonesia harusnya berbangga, karena budaya kita ada yang sudah diakui sebagai warisan dunia. Wow... dan negara lain pun terkagum dengan budaya kita.
Kenapa ya setiap orang pinginnya ke luar negeri?. Orang Luar negeri aja banyak yang datang kesini untuk wmelihat budaya kita, kebanyakan orang indonesia ingin disana tujuannya sama untuk berlibur, tetapi orang luar negeri pun malah suka datang ke indonesia, seharusnya kita gak usah kesana, kesana cuma menghabiskan uang saja.. itulah sikap warga indonesia merasa tidak puas apa yang dimiliki di negara ini. hehehe….
Berikut5 Kebudayaan Indonesia Yang Mendunia
1.      Angklung
Adalah alat music multitortal (bernada ganda) berasal dari pulau jawa bagian barat. Terbuat dari Bambu, dibunyikan dengan digoyangkan (Suaranya akibat benturan dua bambu).
Angklung Sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya, Penyerahan resmi sertifikat di Jakarta 19 januari 2011, Angklung pun sangat digemari di luar negeri
2.      Wayang Kulit
Wayang Kulit adalah Pertunjukan yang disukai presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Wayang Kulit telah di akui UNESCO Sebagai warisan Budaya, bahkan orang luar pun ada yang menjadi dalang, sindhen, dsb.
3.      Tari Saman
Tari Saman adalah tari yang berasal dari Aceh, tari ini dibilang sudah mendunia karena dipilih oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Diciptakan oleh Syekh Saman yang merupakan ulama yang menyebarkan agama islam di abad ke -14
4.      Tari Rateb Meuseukat
Tari Rateb Meuseukat adalah tari yang juga berasal dari aceh, tarian ini dilakukan oleh wanita sambil berbaris dan bernyanyi. Nama Rateb Meuseukat diambil dari basaha arab yaitu Ibadat Diam.
Diciptakan oleh Teungku Abdurrahim, sedangkan syair atau rateb diciptakan oleh Teungku Chik Di Kala
5.      Batik

Masyarakat dunia mengenal indonesia awal mulanya dari Batik, Batik yang ada di indonesia bentuknya macam-macam dan banyak sekali, tiap daerah pasti memiliki motif Batik tersendiri.
Batik telah diakui UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009 lalu.
Referensi : http://novrianherry.blogdetik.com/2013/03/14/5-kebudayaan-indonesia-yang-mendunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar